8:46:00 PM
0
Isaac Newton, lahir di Woolsthrope, Inggris, tepat pada hari Natal tahun 1642, bertepatan tahun dengan wafatnya Galileo. Dia lahir sesudah ayahnya meninggal. Dia seorang ahli fisuf, matematikawan yang cerdas. Di masa kecilnya pun dia sangat cekatan menggunakan tangannya. Meskipun anak dengan otak cemerlang, di sekolah tampaknya ogah-ogahan dan tidak banyak menarik perhatian. Tatkala menginjak akil baliq, ibunya "Hannah Ayscough Newton" mengeluarkannya dari sekolah dengan harapan anaknya bisa jadi petani yang baik. Untungnya sang ibu bisa dibujuk, bahwa bakat utamanya tidak terletak di situ. Pada umurnya delapan belas dia masuk Universitas Cambridge. Di sinilah Newton secara kilat menyerap apa yang kemudian terkenal dengan ilmu pengetahuan dan matematika dan dengan cepat pula mulai melakukan penyelidikan sendiri. Antara usia dua puluh satu dan dua puluh tujuh tahun dia sudah meletakkan dasar-dasar teori ilmu pengetahuan yang pada gilirannya kemudian mengubah dunia.Bukunya adalah Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (Mathematical Principles of Natural Philosophy) dikenal dengan nama PRINCIPIA yang terbit pada tahun 1687.
Menjelang ajalnya, newton tinggal di Cranbury Park, dekat Winchester, Inggris, bersama sepupunya, Catherine (Bancroft) Conduitt, dan suami catherine, John Conduitt. saat itu dia sudah jadi orang yang kaya dan terkenal seantero eropa. Penemuan ilmiahnya tak bisa ditandingi. Dia juga dermawan dengan menyumbangkan kekyaannya untuk amal. Namun hidupnya tidak sempurna. dia tidak pernah menikah atau memiliki banyak teman. Dia meninggal maret,31 1727 pada umur 85 setelah menderita beberapa penyakit yang serius. 

"I do not know what I may appear to the world; but to myself I seem to have been only like a boy playing on the seashore, and diverting myself now and then in finding a smoother pebble or prettier shell than ordinary, while the great ocean of truth lay all undiscovered before me."__Sir Isaac Newton

"Alam dan hukum alam tersembunyi di balik malam.
Tuhan berkata, biarlah Newton ada! Dan semuanya akan terang benderang."
- Peribahasa Eropa -

0 comments:

Post a Comment